“Figur Sudah Jadi ” Marthin Billa

Sahabat sahabat pasti sudah tahu, ada banyak figur yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD RI untuk Daerah Pemilihan ( Dapil) Kalimantan Utara ( Kaltara ) untuk Pemilu 2019 mendatang.

Dibanding periode periode sebelumnya, periode pemilu ini yang paling banyak diikuti warga Kaltara. Wajar, karena baru periode inilah Kaltara memiliki dapil tersendiri, setelah beberapa periode sebelumnya bergabung dengan Dapil Kaltim.

Dari sekian jumlah figur yang akan memperebutkan kursi senator di DPDRI pasti salah satunya menjadi pilihan masing masing kita.Salah satunya dari sudut pandang kita, dianggap terbaik dan pantas mewakili Kaltara. Kita percaya, nantinya figur tersebut mampu berjuang demi Kaltara dan masyarakatnya.

 

Kata ” Percaya ” inilah yang saya kira harus menjadi corepoint berfikir kita. Point apa yang paling mendasari berfikit kita sehingga percaya figur itu benar benar akan mampu mengemban amanah sebagai wakit kita di senat. Jangan sampai ” Percaya” itu muncul karena hal hal yang bersifat ilustratif semata.Misalnya,menentukan pilihan karena penampilan fisik, banyak pasang baliho dan kartu nama.

Harusnya, percaya itu mucul karena pertimbangan logika subjektif bahwa figur itu dipercaya karena kapasitas, kapabilitas dan intregritas personalnya.

Benar, masing masing orang punya hak untuk percaya pada siapapun, dengan alasan apapun. Tapi karena sikap percaya ini terkait atas nama kepentingan daerah daerah dan nasib masyarakat Kaltara yang lebih luas, maka sebaiknyalah sikap percaya itu hasil dari penilaian yang objektif, rasional dan konstruktif.

Kenapa ? karena figur yang kita percaya ini, nantinya berjuang untuk mensupport kepentingan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kaltara. Bukan figur kaleng kaleng atau kacang kacang yang mengadu nasib hanya sebuah jabatan.

Jangan sampai kita salah pilih figur, figur aji mumpung, anak bau kencur. Yang baru punya pengalaman seupil langsung merasa pantas menjadi senator.

Figur yang belum punya pengaruh, networkingnya masih terbatas, pengalaman masih minim tapi syahwat politik ingin menjadi wakil daerah dipusat.

Jika terpilih, pasti kerjaannya sibuk mencari pengaruh, kanan kiri pencitraan. Sana sini mencari sensasi. Tiap hari menciptakan panggungnya sendiri. Gagap dan grogi dengan jabatan tinggi.Yang ujung ujungnya,tidak memberikan kontribusi apapun pada masyarakat yang diwakilinya.

Maka itu, ini sebuah kesungguhan bahwa figur yang kita beri amanah dan kepercayaan haruslah sosok yang berkualitas, yang punya kapasitas,kapabilitas dan integritas. Punya kapasitas Artinya orang yg pantas dan tepat dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya. Punya Kapabilitas, figur yang punya pengaruh besar, dalam kehidupan politik daerah dan nasional, memiliki networking luas serta leadership yang sukses. Serta, Integritas yakni figur yang beretika, jujur, bersih dan amanah.

Dengan kualitas lengkap yang dimilikinya tersebut, Saya istilahkan disini “figur yang sudah jadi”.

Kelak “Figur Yang Sudah Jadi”, yang telah kita pilih bisa langsung berjuang dan action bahkan bisa langsung memberikan pengaruh positif. Tidak perlu nunggu waktu lama, harus belajar belajar dan coba coba lagi.

“Figur Yang Sudah Jadi” ketika ia diam, selalu dihormati dan disegani serta tetap didatangi . Figur yang ketika ia berbicara, selalu didengarkan penuh respect dan dipercaya semua pihak.

Bukan maksud menyampingkan kualitas figur yang lain.

Menurut saya pribadi Figur yang tepat dan memenuhi kriteria yang dijelaskan di atas, yang pantas kita beri percaya mewakili masyarakat Kaltara duduk di DPD RI adalah Dr. Drs. Marthin Billa MM.

Kenapa Beliau? seperti yang saya gambarkan di atas, beliau adalah ” figur sudah jadi” yang memiliki kualitas yang lengkap dan personality yang baik.
kapasitas, kapabilitas dan integritas beliau tidak perlu diragukan lagi.

Dengan kualitas yang dimiliknya itu, saya yakin Beliau punya kemampuan untuk mempengaruhi elite politik dan pejabat pemerintah pusat agar selalu mensupport kebijakan untuk Kaltara bila duduk di DPD nanti. Kehadiran beliau di DPD RI pasti lebih efektif dalam mensupport pemerintah provinsi Kaltara dalam memperjuangkan pembangunan di Kaltara termasuk program program kesejahteraan masyarakat.

Trackrecord, pengalaman, wawasan, pergaulan politik, pendididikan akademik dan kemampuan leadership beliau serta kedudukan beliau dalam organisasi formal dan non formal sebenarnyan cukup kuat untuk menginspirasi kita.

Butuh waktu lama bagi masyarakat Kaltara memiliki figure sekaliber dan selevel beliau. Biarlah yang muda belajar dulu,berproses dan mengasah di lingkup daerah. Sampai tiba saatnya berkiprah secara nasional.

Satu hal yang saya kira penting difahami oleh warga Kaltara tanpa memandang perbedaan suku, agama dan politik.Bahwa Dr.Drs. Marthin Billa, MM adalah figur yang benar benar memiliki entitas asli Kaltara. Beliau Putra Dayak kelahiran Kaltara.

Pernah 10 tahun menjadi kepala daerah yang sukses. Pernah memimpin semua masyarakat dengan latar belakang agama, suku dan politik yang berbeda beda di Kabupaten Malinau.

Jadi jika beliau nanti menjadi anggota DPD RI, figur diri beliau benar benar melambangkan jati diri, kepentingan dan identitas seorang Putra Kalimantan Utara.

Hal itu menjadi nilai plus yang memperkuat pengaruh dan eksistensi beliau dalam memperjuangkan program pembangunan di Kaltara kedepan.

Ayo Dukung Dr.Drs Marthin Billa MM menjadi Anggota DPD RI . Figur Berpengalaman cakap dan berpengaruh.

Di tulis oleh :Bustomy, S.IKom

Founder Lintasbenuanta.com dan Liputanborneo.com

Ketua Patriot Garuda Nusantara Kaltara,Mantan Ketua GM FKPPI Bulungan,Mantan Ketua PSSI Bulungan,Mantan Sekretaris KNPI Bulungan’Mantan Sekretaris Pemuda Pancasila Bulungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *